Monday, May 16, 2011

Berdandan untuk kulit gelap


Berkulit gelap sering dianggap bencana oleh kebanyakan wanita di Indonesia, karena di Indonesia memiliki kulit putih adalah sebuah keharusan jika ingin menjadi cantik dan tidak ada cara lainmenjadi cantik selain merubah kulit gelap menjadi kulit putih. Tetapi benarkah kulit gelap adalah sebuah bencana ? ataukah budaya cantik = kulit putih karena wanita yang terlahir dengan memiliki kulit gelap tidak tahu tips make up untuk kulit gelap ? 

Saya pribadi merupakan bagian dari wanita yang " kurang beruntung" tersebut :) tetapi saya bangga akan kulit kecoklatan saya karena sebuah eksotisme dan keunikan selalu muncul dan ter-eksplore dari semua penampilan saya. Tetapi sekali lagi bukan tanpa catatan alias tips bagaimana menggunakan make up yang cocok bagi kulit gelap 
Sebenarnya mudah dan tidak sulit mendapatkan dandanan make up yang cantik untuk pemilik kulit gelap. Dandanan dasar dari semua tata rias adalah penggunaan foundation, bedak dan make up (eye shadow, blush on dll ) 

Oke .. berikut tips make up untuk kulit gelap yang mungkin bisa bermanfaat 
1. Foundation
Foundation atau alas bedak merupakan make up dasar agar bedak bisa menempel tahan lama di wajah. Namun untuk pemilik kult gelap ada baiknya dalam pemilihan warna foundation adalah wana yang mendekati warna kulit

2. Bedak
Kulit gelap menurut referensi yang saya dapat cenderung terlihat berminyak karena efek pantulan cahaya dari kulit sendiri, adalah lebih baik menggunakan bedak tabur berwarna netral sehingga dandanan tidak terlalu berat

3 Eye Shadow
Hindari warna-warna yang terlalu terang., cobalah dengan warna  grey,brown (warna soft), biru tua,wine,purple 

4. Mascara
Its a must !. Jangan lupakan pemakaian mascara, karena mata akan tampak sayu tanpa pemakaian benda yang satu ini

5. Blush On 
Warna  yang cocok adalah  deep rose, apricot, coral & deep orange. Untuk kulit sangat gelap, gunakan warna rose pink untuk pesta siang hari, dan warna-warna seperti bronze,plum, & wine untuk pesta malam hari.

Khusus untuk acara yang special, bisa gunakan sentuhan nuansa warna gold agar terlihat lebih glamour. big note for this :  perlu diingat jika memiliki kulit wajah yang berminyak, gunakan blush-on berbentuk bubuk (powder).

6. Lipstick 
 Warna-warna nude cocok saja jika dipakai untuk kulit gelap, tetapi harus di kombinasikan dengan riasan mata yang kuat, juga perlu ditambahkan lipgloss agar tidak terkesan "nude" . Agar bisa mendapatkan kesan eksotis, gunakan warna apricot, blackberry, caramel, serta red. Warna-warna lain yang bisa dijadikan alternatif adalah : copper,coral,bronze,wine,burgundy, chestnut ataupun maroon.

Untuk menciptakan pilihan warna baru, anda dapat mengkombinasikan 2 warna (blending) sehingga akan didapatkan warna-warna yang paling sesuai dengan warna kulit anda serta lain dari yang lain.

Jika ingin menambahkan highlighter untuk mempercerah rona kulit wajah anda.Gunakan di sekitar mata, hidung, di atas tulang pipi, dan sekitar atas bibir.

"The Balancing" : Yang perlu diingat adalah aturan dominasi salah satu unsur. Pilih yang bisa menonjolkan kelebihan wajah, dan tentukan salah satunya. Contohnya, jika anda ingin menonjolkan warna lipstick karena bibir anda indah, akan lebih baik jika warna eye shadow lebih “redup” dari warna lipstick. Pilih yang mana yang akan lebih ditonjolkan.

Memiliki kulit gelap tidak selalu menjadi bencana, kulit gelap yang dirawar dengan baik bisa selalu kelihatan cantik dan menawan asal mengerti bagaimana mengaplikasikannya.. Selamat mencoba

0 comments:

Post a Comment